Minggu, 03 Mei 2009

Pada umumnya masyarakat memandang jin sebagai makhluk yang menakutkan dan menyeramkan. Namun bagi kami, mereka bukanlah demikian. Seperti halnya manusia, jin juga makhluk Allah yang mempunyai tugas taklifi juga. Sesuai yang dijelaskan dalam Al-Qur'an bahwasannya manusia dan jin diperintahkan hanya untuk beribadah kepada Allah.
Jika melihat konteks tersebut maka baik jin maupun manusia mempunyai kedudukan yang sama yaitu sebagai hamba Allah. Akan tetapi pada ayat lain, Allah menjelaskan bahwa Allah telah mengutus manusia sebagai pemimpin di muka bumi. Dengan kata lain meskipun jin dan manusia mempunyai kedudukan yang sama dalam ibadah namun dalam hubungan kehidupan dunia, manusia mempunyai posisi yang lebih tinggi.
Hal tersebut memang benar, namun kendati demikian tidaklah dapat diberlakukan dalam segala hal kondisi. Manusia memang makhluk yang paling sempurna, akan tetapi ia juga diingatkan bahwa manusia bisa menjadi makhluk yang paling hina dina. Lebih hina dari binatang dan lebih berharga daun kering.
Ini menunjukkan bahwa manusia janganlah kemudian semena-mena terhadap makhluk lainnya termasuk jin.
Posting Lebih Baru
Previous
This is the last post.

0 komentar:

Posting Komentar